Unit Tipikor Polres Sosialisasi Pencegahan Penyimpangan Dana Desa di Sinjai Tengah

KABARSINJAI – Kanit Tipikor Satuan Reskrim Polres Sinjai IPDA Herman Sudi, menjadi pemateri Sosialisasi Bidang Hukum di Desa Kompang, Kecamatan Sinjai Tengah, Rabu (11/10).

Kegiatan yang dihadiri oleh Kadis PMD Sinjai, Kabag Hukum Sekdakab Sinjai, Sekcam Sinjai Tengah, Kepala Desa, perangkat Desa, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, IPDA Herman menyampaikan materi tentang Peranan Unit Tipikor Polres Sinjai dalam pengawasan pengelolaan aset desa dan penyimpangan penggunaan keuangan dan aset desa.

Dalam materinya, IPDA Herman, menjelaskan tentang administrasi yang benar dalam penggunaan dana desa dan unsur-unsur tindak pidana korupsi serta pasal yang sering digunakan.

BACA JUGA: Polres Sinjai Berikan Pelayanan Kesehatan Kepada Tahanan Secara Rutin

BACA JUGA: Pj Bupati Sinjai Hadiri Rakor Forkopimda Se-Sulsel

“Penyuluhan hukum merupakan salah satu program kerja Tipikor dalam rangka Preventif, pencegahan tindak Pidana Korupsi, Khususnya terkait Dana Desa,” katanya.

Dikatakan penyuluhan hukum ini untuk memberi pengetahuan kepada kades dan aparatur desa untuk mengetahui hukum-hukum yang akan kita hadapi jika terjadi penyelewengan dalam pelaksanaan dan pengelolaan anggaran desa.

“Jika kita salah atau kita korupsi anggaran desa maka kita akan dijerat pasal tipikor yang berujung penjara, oleh karena itu dengan
penyuluhan hukum kepada aparatur desa benar-benar melaksanakan aturan dalam mengelola anggaran desa,” ujarnya. (*)