oleh

Urutan Kedua di Sulsel, Ketua TP PKK Sinjai Minta Kader Posyandu Proaktif Atasi Stunting

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Kelompok Kerja (Pokja) IV Tim Penggerak PKK Kabupaten Sinjai menggelar Bimbingan Teknis Kader Posyandu yang berlangsung di Aula Kantor Camat Sinjai Utara (22/3/19).

Kegiatan ini dibuka oleh Pelaksana Tugas Camat Sinjai Utara A. Jefriyanto Asapa dan dihadiri oleh Ketua TP. PKK Sinjai Hj. A. Nurhilda Daramata Seto dan para pengurus PKK Kecamatan Sinjai Utara.

A. Jefriyanto Asapa dalam sambutannya menyampaikan bahwa jumlah kader Posyandu di Kecamatan Sinjai Utara sebanyak 175 orang yang tersebar di aeluruh Posyandu pada masing-masing kelurahan.

Baca Juga: Ketua TP PKK Sinjai Tekankan Kader Posyandu Peka Terhadap Ibu Hamil dan Anak

Dalam menjalankan fungsinya, Kader Posyandu dibantu oleh tenaga Keaehatan dari Puskesmas Balangnipa dalam memberikan pelayanan di bidang kesehatan.

“Dengan adanya home visit dan home care, kader posyandu dibantu oleh bidan, perawat, promkes dan tenaga kesling yang ditempatkan dimasing-masing lingkungan,” katanya.

Sementara itu, Ketua TP. PKK Sinjai Hj. A. Nurhilda Daramata Seto menyampaikan bahwa kader Posyandu merupakan penghubung antara Pemerintah dengan masyarakat sehingga peran kader Posyandu sangat dibutuhkan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Salah satu yang menjadi permasalahan kesehatan di Sinjai, kata Istri Bupati ini adalah stunting atau kerdil yang menyebabkan gangguan pertumbuhan fisik dan pertumbuhan otak pada anak.

Berdasarkan Data yang ada, Sinjai berada di Peringkat kedua terbanyak di Sulsel dalam kasus stunting sehingga untuk mengatasi permasalahan ini kader Posyandu di minta proaktif.

Baca Juga: Bupati Serahkan Laporan Keuangan Pemkab Sinjai ke BPK Perwakilan Sulsel

” Saya harap kader posyandu untuk mengajak ibu-ibu yang memiliki anak yang baru lahir atau bayi datang ke Posyandu untuk rutin memeriksa kesehatannya,” katanya.

Hal ini menurutnya penting sebab pada usia kelahiran hingga balita kurangnya nutrisi anak merupakan salah satu penyebab stunting, ini sangat perlu untuk mewujudkan generasi penerus yang mampu bersaing. (Ads)

Editor/Andis

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU