oleh

Wabup Sinjai Harap Pesta Adat Marimpa Salo Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong, hadiri Pesta Adat Marimpa Salo yang berlangsung meriah di Takalalla, Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur, Kamis (10/10/19)

Selain Wabup, event tahunan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai bersama Pemerintah desa setempat, ini turut dihadiri Forkopimda, para Kepala Perangkat Daerah, Kabag, serta Camat, Kepala Desa Sanjai, dan masyarakat umum.

Dalam sambutannya, Kartini berharap melalui event Marimpa Salo dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat terutama pada Desa yang setiap tahunnya melaksanakan kegiatan ini.

“Kita semua berharap kegiatan kita ini meningkatkan nilai ekonomi yang ada di sekitar masyarakat Sanjai dan  Desa Bua, yang sebagaimana kita ketahui event kita ini sudah menjadi salah satu kalender event Provinsi Sulsel”, katanya.

Baca Juga: Upaya Pencegahan Korupsi, BPKP Bekali Pejabat OPD Sinjai Fraud Risk Assesment

Dikatakan, sebagai salah satu dari tiga warisan budaya Kabupaten Sinjai yang telah ditetapkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI sejak tahun 2018 lalu, maka sepatutnya semua pihak bersama-sama lebih proaktif dalam upaya melestrikan Pesta Adat Marimpa Salo.

Termasuk aktif dalam mempromosikan sehingga event budaya ini dapat dikenal lebih luas bukan hanya oleh masyarakat Sinjai tetapi juga oleh masyarakat luar Sinjai.

Sebelumnya, Kadispabud Sinjai Haerani Dahlan menuturkan, pesta adat Marimpa Salo untuk melestarikan tradisi budaya dan kearifan lokal masyarakat Kabupaten Sinjai. Mengangkat dan memperkenalkan Potensi Budaya sebagai salah satu potensi wisata bagi seluruh masyarakat.

“Selain meningkatkan solidaritas, Marimpa Salo diharapkan dapat meningkatkan minat dan jumlah kunjungan wisata khususnya wisatawan yang mencintai budaya lokal di Kabupaten Sinjai”, jelasnya.

Baca Juga: Dapat Bantuan Bedah Rumah Melalui Program Baznas Sinjai, Kakek Pado Sangat Bersyukur

Event tahunan yang digelar Pemkab Sinjai bersama Pemerintah Desa Sinjai Timur sebelumnya juga telah menggelar berbagai macam lomba seperti Festival Layang-layang, Festival balap perahu, Festival tari pesisir, Festival perahu hias, Festival Kuliner laut, Festival mengarang dalam tulisan lontara bugis, Lomba dayung, Lomba domino dan Lomba tangkap bebek.

Tahun depan giliran event Marimpa Salo akan digelar Desa Bua, Kecamatan Tellulimpoe. (Nitha)

Editor/Bahar

Komentar Facebook

BERITA TERBARU