oleh

Wabup Sinjai Pimpin Apel Pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 141 Toddopuli

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Korem 141/Kodam XVI Hasanuddin menggelar kegiatan pelatihan sekaligus simulasi penanganan bencana alam di Kabupaten Sinjai.

Kegiatan ini ditandai dengan pemasangan pita peserta latihan dan simulasi oleh Wakil Bupati Sinjai, A. Kartini Ottong pada apel pembukaan penanganan bencana alam yang berlangsung di Halaman Eks Kantor Bupati Sinjai, Selasa (4/12/2018).

Saat membacakan sambutan Danrem 141 Toddopuli, Kolonel Inf. Suarno, Wakil Bupati Sinjai menuturkan, tujuan latihan dan simulasi in, untuk memantapkan dan kemampuan personel jajaran Korem 141 Toddopuli khususnya personel Kodim 1424 Sinjai dalam mengembangkan protap penanggulangan bencana alam.

Masih dalam sambutan Danrem 141 Toddopuli, Latihan ini juga untuk mengukur tingkat kesiapan dan kesiapsiagaan personel dan semua unsur yang terlibat dalam upaya penanggulangan bencana agar penanganannya terutama yang berkaitan dengan penyelamatan korban dan pengungsi berjalan sesuai konsep yang ada.

Baca Juga:
30 Mahasiswa IAIN Watampone Kembali ke Kampus Usai Magang di Radio dan TV Sinjai
Khawatir, AMP Sinjai Minta BKPSDMA Segera Umumkan Nama Peserta SKB CPNS

“Simulasi ini penting untuk meningkatkan kemampuan dalam hal prosedur hubungan serta koordinasi dengan berbagai pihak dalam menghadapi bencana yang mungkin terjadi setiap saat sehingga diperoleh kemampuan bertindak secara cepat, dan langkah-langkah tepat sebagai upaya penyelamatan serta meminimalisir jatuhnya korban atau kerugian saat bencana terjadi,” pungkasnya.

Latihan dan simulasi ini, diharapkan dapat mewujudkan konsep dan langkah strategis sesuai protap penanggulangan bencana yang ada dengan tetap membangun pola kerjasama secara terpadu yang efektif dan efisien yang dapat digunakan sewaktu-waktu dalam rangka pennanggulangan bencana.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan gambaran penting kepada semua unsur yang terlibat dan mampu melakukan langkah-langkah sesuai mekanisme dan prosedur.

Apel pembukaan latihan dan simulasi penanggulangan bencana ini, diikuti jajaran Korem 141 Toddopuli, Kodim 1424 Sinjai, personel Polres Sinjai, Satpol PP, Basarnas Bone, BPBD Sinjai, serta tenaga kesehatan (medis).

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Sinjai, Forkopimda, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, serta pejabat daerah lainnya. (Mirza)

Editor/Riswan.

Komentar Facebook

BERITA TERBARU