oleh

Wajib Dibaca, Ini Cara Menjaga Kesehatan Tubuh agar Terhindar dari Virus Corona

KABARSINJAI.COM, Sejak Pemerintah Indonesia menetapkan WNI positif virus corona pada Senin (02/03/2020), menyebabkan masyarakat menjadi was-was karena penyebaran virus yang dikenal sangat cepat.

Dilansir dari Kompas.com (03/03/2020) penetapan dua WNI itu membuat Indonesia menjadi satu di antara 73 negara yang terjangkit virus corona. Menyikapi pengumuman resmi yang diberikan pemerintah, sebaiknya kita lebih waspada dan mengedukasi diri untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan untus#k menjaga tubuh agar terhindar dari virus corona.

Corona adalah virus yang membutuhkan inang untuk bertahan hidup. Menurut penelitian yang dilakukan oleh The Journal of Hospital Infection, virus corona dapat hidup dari 5 menit sampai 9 hari jika tidak diberi disinfektan.

Virus menjadi tidak aktif jika dibersihkan dengan 62-71 persen etanol yang biasa terkandung dalam sabun. Oleh karena itu, menjaga kebersihan badan merupakan salah satu faktor penting agar tubuh kita bersih dari virus.

Jika sedang di tempat umum, sebisa mungkin kurangi kontak langsung dengan permukaan yang kotor. Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, atau setelah berkegiatan agar virus yang menempel tidak masuk ke dalam tubuh.

kenapa tangan? Karena tangan merupakan bagian tubuh kita yang sering digunakan untuk menyentuh bagian muka, hidung, dan mulut sehingga rentan menjadi jalan masuk virus ke dalam tubuh.

Setelah itu, mempunyai daya tahan tubuh yang kuat adalah kunci untuk kita agar terhindar dari virus. Imunitas kuat adalah tameng terakhir dalam memerangi virus jika sampai masuk ke dalam tubuh.

Salah satu caranya adalah menjaga asupan nutrisi dalam makanan kita sehari-hari. Makanan seperti sayur dan buah merupakan hal yang penting dan harus dijadikan prioritas.

Mengonsumsi obat-obatan herbal dapat menjadi pilihan yang tepat, karena budaya Indonesia yang mempunyai riwayat historis panjang tentang penggunaan obat-obatan herbal. Jahe, royal jelly, ginseng, dan madu merupakan obat-obatan herbal yang telah turun-temurun digunakan oleh nenek moyang kita.

Jahe, berkhasiat sebagai antioksidan, dapat meningkatkan daya tahan tubuh, juga bersifat mengeluarkan angin saat kita masuk angin.

Royal Jelly memiliki fungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghambat pertumbuhan virus dan bakteri. Ginseng berfungsi sebagai antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina.

Anda tidak perlu khawatir akan merasa repot untuk mengonsumsi itu semua, karena bahan herbal di atas sudah ada dalam kandungan Antangin.

Menurut hasil penelitian Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan (FKKMK) UGM dan Falultas Farmasi UGM, kandungan Jahe, Royal Jelly, dan Ginseng dalam Antangin ini sudah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit dan masuk angin.

Terdapat beberapa varian produk dari Antangin, yaitu Antangin JRG, dan Antangin Mint yang berbentuk sirup dalam sachet. Ada juga Antangin tablet yang mengandung jahe merah untuk mengobati masuk angin parah yang disertai mual, perut kembung, capek-capek dan pusing. Untuk Anda yang mempunyai anak berumur 2 sampai 12 tahun, maka Antangin Junior merupakan pilihan tepat. Maka, jangan panik dalam menghadapi virus corona dan terus jaga kondisi tubuh kita.

Sumber/ kompas.com

Editor / Bahar

Komentar Facebook

BERITA TERBARU