oleh

Wakil Bupati Sinjai Hadiri Peringatan HSN BPS, Ini Harapannya!

Kabarsinjai.com- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai menggelar ramah tamah dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) yang dirayakan pada hari ini, Selasa (26/09) di Halaman Kantor BPS Sinjai, Jalan Persatuan Raya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sinjai, Ketua DPRD Sinjai, unsur forkopimda, Kepala Kemeneg Sinjai, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab Sinjai dan seluruh Karyawan/pegawai BPS Sinjai.

Kepala BPS Sinjai, DR. Patahillah Asba dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap tahun dengan tujuan, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya data statistik serta mengingatkan kembali penetapan undang-undang Statistik nomor 6 pada tahun 1960 yang menjadi cikal bakal lahirnya hari statistik nasional, hingga hari ini bisa kembali diperingati bersama serentak diseluruh Indonesia.

“Alhamdulillah hari ini bisa kembali kita peringati Hari Statistik Nasional (HSN). HSN bukan merupakan hari ulang tahun BPS namun hari diundangkannya UU No.6 Tahun 1960 tentang statistik sehingga Hari Statistik Nasional ini bukan hanya milik insan BPS tetapi milik seluruh warga Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Sinjai, H. A. Fajar Yanwar dalam sambutannya mengatakan, bahwa kehadiran BPS dalam menyiapkan berbagai data makro serta, sebahagian data mikro dari waktu kewaktu telah menunjukkan tanggung jawab yang didasarkan pada tupoksinya, sehingga perlu mendapatkan penanganan, guna memperluas informasi dalam perencanaan, pelaksanaan pembangunan serta bahan monitoring dan evaluasi khususnya di kabupaten Sinjai.

“Sebagai instansi yang mendapatkan kepercayaan satu satunya dari pemerintah terhadap penyediaan data dan merupakan bagian bagian integral dari pemerintah pusat, sangat diharapkan untuk dapat menyiapkan data yang berkualitas serta tepat waktu,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, terlepas dari segala upaya yang telah dilaksanakan tersebut, pemerintah daerah menegaskan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bersama yakni, BPS harus responsif dalam menangkap berbagai perkembangan sektor perekonomian serta sektor-sektor lainnya.

“Saya berharap BPS hendaknya senantiasa melakukan komunikasi dengan pemda melalui OPD, camat dan desa, untuk melibatkan tenaga ahli statistik dalam perencanaan, pelaksanaan, serta monitoring  agar kerja makin tepat sasaran dan makin berdaya guna mempercepat pertmbuhan ekonomi, menurunkan angka kemiskinan dan memeratakan pendapatan penduduk,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyematan Satya Lencana 10 dan 30 tahun kepada pegawai yang telah mengabdi serta penyerahan publikasi tahun 2017 dan PDRB lapangan tahun 2012-2016 yang diserahkan ke pemerintah daerah Sinjai. (*)

Editor   : A. Mirza.

Komentar Facebook
loading...

BERITA TERBARU