Wakil Bupati Sinjai Hadiri Pesta Rakyat Marimpa Salo’ di Desa Sanjai

Kabarsinjai.com – Wakil Bupati Sinjai. H. A. Fajar Yanwar menghadiri langsung pelaksanaan pesta rakyat tahunan Marimpa Salo’, Selasa (10/10) siang yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) kabupaten Sinjai di Sungai Appareng, Desa Sanjai kecamatan Sinjai Timur.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sinjai, Abd. Haris Umar, Forkopimda, para Asisten setdakab Sinjai, para Kabag, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat, Kepala Instansi Vertikal serta dihadiri oleh ratusan masyarakat Sinjai dan wisatawan lokal maupun Mancanegara.

Dalam laporannya Kepala Desa Sanjai, A. Muh. Arsal menyampaikan bahwa, kegiatan tahunan yang digelar ini merupakan wujud rasa syukur terhadap hasil panen yang melimpah baik itu dari sektor perikanan, kelautan dan pertanian.

“Pesta adat Marimpa salo yang dilaksanakan hari ini sebagai perwujudan rasa syukur masyarakat terhadap keberhasilan perikanan, kelautan dan pertanian, selain itu untuk menjalin kebersamaan masyarakat sekaligus sebagai identitas dan jati diri masyarakat, serta berfungsi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga ekosistem laut,” katanya.

Foto: Wakil Bupati H. A. Fajar Yanwar saat menuju perahu. Selasa, (10/10).

Sementara itu Wakil Bupati, H. A. Fajar Yanwar dalam sambutannya saat membuka Marimpa Salo’ menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Disparbud kabupaten Sinjai, pemerintah dan masyarakat desa Sanjai dan desa Bua untuk tetap melaksanakan event budaya ini secara berkala setiap tahunnya.

Lebih lanjut wakil Bupati juga mengingatkan sebagai warga kabupaten Sinjai agar tetap bersyukur karena di anugerahi dengan kekayaan budaya yang menurutnya, apabila dikemas dengan baik akan menjadi potensi wisata yang bernilai tinggi sehingga dapat menjadi sektor unggulan dalam pengembangan industri di kabupaten Sinjai.

“Jalinan kordinasi seperti ini yang harus kita tetap jaga dalam upaya pelestarian dan pengembangan budaya daerah di kabupaten Sinjai. Sebagai warga Sinjai kita patut senantiasa bersyukur, hanya saja pesan saya dalam promosi wisata dan budaya, esensi ritual budaya harus tetap terjaga keasliannya,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini panitia pelaksana Disparbud kabupaten Sinjai mengemas event tahunan ini dengan berbagai macam lomba yakni, lomba perahu hias, lomba renang, karaoke, catur, domino dan lomba balap perahu serta berbagai atraksi kesenian tradisional seperti tari Pattapi, Mappadekko, Mallanca, dan Mappelo. (*)

Editor   : A. Mirza.