Wakili Bupati, Asisten 1 Pemkab Sinjai Hadiri Khataman Al-Qur’an Ponpes Nurul Jibal

KABARSINJAI – Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidzul Qur’an Nurul Jibal Kondo, kecamatan Tellulimpoe, menggelar tasyakuran yang ke-13 tahun dan penamatan (khataman) Al-Qur’an angkatan ke-11 tahun 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Sinjai, yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai A. Irwansyahrani Yusuf, Minggu (25/6/2023)

Panitia pelaksana, Rahmatullah dalam laporannya menyampaikan jumlah santri yang khatam Al-Qur’an sebanyak 69 santri dan santriwati serta 41 orang wisudawan dan wisudawati.

“Alhamdulillah jumlah santri yang khatam Al-Qur’an ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Tentu ini tidak lepas dari dukungan orang tua santri serta Pemkab Sinjai,” ucapnya.

BACA JUGA: Pemerintah Arab Saudi Tetapkan Wukuf 27 Juni

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai, A. Irwansyahrani Yusuf membacakan sambutan tertulis Bupati, menyampaikan selamat kepada para hafidz dan hafidzah yang khatam Al-Qur’an. Ini sebuah kebanggaan bagi orang tua santri dan Pemkab Sinjai karena jumlah penghafal Al-Qur’an di Sinjai semakin bertambah.

“Namun saya mengingatkan agar tidak pernah puas dan merasa telah selesai atas capaian yang diraih hari ini. Menjadi penghafal Al-Qur’an bukan sebuah titik akhir, namun jadikan sebagai motivasi bagi diri kalian sebagai awal untuk menjadi ummat yang sebaik-baiknya,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, salah satu cita-cita dan tujuan mulia Pemkab Sinjai adalah menjadikan daerah ini menjadi bumi ‘Panrita Kitta’ yang masyarakatnya bebas buta aksara Al-Qur’an, menjadi penghafal Al-Qur’an dan hadist Nabi Muhammad SAW, menguasai dan memahami kita kuning dan menjadikan masyarakat Sinjai yang religius dan berkualitas.

“Untuk menuju kearah tersebut tentu bukan hal yang mudah, perlu adanya dukungan dari seluruh pesantren dan pondok Tahfiz Al-Qur’an serta lembaga pendidikan Al-Qur’an. Saya yakin dengan satu visi, misi dan tujuan pesantren yang ada di daerah ini, maka kita dapat mewujudkan cita-cita tersebut,” jelasnya.

BACA JUGA: Puluhan Santri RQS Hidayatul Haq Sinjai Imtihan dan Khotmul Qur’an

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Seksi Pondok Pesantren Kemenag Sinjai Syamsul Alam, unsur tripika Kecamatan Tellulimpoe, Ketua Komite Ponpes Nurul Jibal Hartati Malkab, Ketua Yayasan Pesantren Nurul Jibal Amiruddin, beberapa pimpinan Ponpes yang ada di Sinjai dan orang tua santri/santriwati. (And)