oleh

Wow, Ratusan Juta Dana BLT BBM di Sinjai Belum Tersalurkan

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Kepala Dinas Sosial kabupaten Sinjai, Andi Muhammad Idnan menyebut masih ada anggaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) yang belum tersalurkan hingga akhir September 2022.

Idnan mengatakan, sekitar 900 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) belum juga mengambil dana BLT BBM. Jika ditotal Rp 500 ribu per KPM, maka sekitar Rp.450 juta anggaran BLT BBM yang masih ada di PT Pos Indonesia Cabang Sinjai.

“Total dana yang belum disalurkan diperkirakan sebesar Rp450 juta. Itu terdiri BLT BBM dan Bantuan sosial pangan (BSP),” kata Idnan, Kamis (22/9/2022).

Mantan Sekretaris Disperindag dan ESDM Sinjai ini membeberkan kendala penyaluran. Hal itu disebabkan saat penyaluran di sembilan kecamatan, masih ada warga yang tidak datang untuk mengambil BLT BBM. Termasuk, penerima Bansos itu adalah warga meninggal dan sedang ke luar daerah.

BACA JUGA:
Panitia Pelaksana Audiens, Kapolres Sinjai Tegaskan Kawal Porpov 2022

Tingkatkan Nilai Keekonomian Usaha, KPPN Sinjai Gelar FGD dengan Penyalur UMi

Idnan menyebutkan penerima bantuan sosial BLT BBM yang terdata dan tercatat telah meninggal diperkirakan kurang lebih 20 KPM. Namun, akan diusulkan kembali untuk dilakukan pergantian dari data DTKS.

“Data penerima yang sudah meninggal dan tak memiliki ahli waris dalam satu kartu keluarga diusulkan untuk dilakukan pergantian sementara yang tidak ada ahli warisnya akan kita buatkan berita acara gagal bayar dan dananya akan dikembalikan ke kementerian sosial,” sambungnya.

Dikatakan, total KPM yang menerima bantalan sosial ini sebanyak 21.883. Jumlah ini bertambah 1.514 KPM dari data sebelumnya hanya 20.369 KPM.

BACA JUGA:
Meski Setiap Tahun Menurun, Pemkab Sinjai Terus Perkuat Strategi Atasi Kemiskinan

Disdik Sinjai Sosialisasi ANBK Pengganti UNBK

“Tambahan sebanyak 1.514 KPM merupakan penerima PKH non BPNT bukan penerima BSP dan hanya menerima Rp300 ribu,” jelasnya. (Ant)

Komentar Facebook

Komentar