WRD 2023, DPKH Sinjai Buka Pelayanan Kesehatan Hewan dan Vaksinasi Rabies Gratis

KABARSINJAI – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Sinjai mengambil langkah proaktif dengan menyelenggarakan pelayanan kesehatan hewan dan vaksinasi rabies gratis.

Hal itu dilakukan sekaitan dengan memperingati World Rabies Day (WRD) 2023, dan bertempat di halaman kantor DPKH Sinjai, Sabtu, (7/10).

Kepala DPKH Sinjai, H. Burhanuddin mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya rabies dan melindungi hewan peliharaan serta kesehatan masyarakat.

Program tersebut serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, untuk pemecahan rekor muri dan kegiatannya mencakup pemeriksaan kesehatan, penyuntikan vaksin rabies, dan edukasi kepada pemilik hewan tentang pentingnya vaksinasi.

BACA JUGA: Pemprov Sulsel Dapat Insentif Fiskal Miliaran Rupiah dari Wapres

Sekaligus untuk melindungi hewan peliharaan dan kesehatan masyarakat dengan memberikan layanan kesehatan dan vaksinasi rabies gratis.

“World Rabies Day adalah momen penting untuk meningkatkan kesadaran akan rabies dan upaya pencegahan. Untuk itu kami melaksanakan pelayanan kesehatan hewan dan vaksinasi rabies gratis,” ujarnya.

Pemilik hewan peliharaan yang hadir merasa terbantu dan mengapresiasi Dinas Peternakan. Mereka juga mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya menjaga hewan peliharaan mereka tetap sehat dan terlindungi dari rabies.

“Ternyata di Kabupaten Sinjai penggemar kucing lumayan besar kemarin kami membuka pendaftaran secara online dimana target awal kita hanya 50 ekor ternyata yang datang sampai pagi hari kurang lebih 70 dan kita akan cukupkan sampai 100. Karena ketersediaan alat-alat dan bahan termasuk vaksin ada 100 dosis,” kata Burhanuddin.

BACA JUGA: Pj Bupati Sinjai Hadiri Rakornas Percepatan Penurunan Stunting di Istana Wakil Presiden

Seperti diketahui bahwa, rabies adalah penyakit mematikan yang dapat menular dari hewan ke manusia melalui gigitan atau kontak dengan liur hewan yang terinfeksi. Dengan melakukan vaksinasi rabies pada hewan peliharaan, dapat memutus rantai penyebaran penyakit ini dan menjaga kesehatan masyarakat.

Sehingga dengan kegiatan pelayanan kesehatan hewan dan vaksinasi rabies ini merupakan upaya konkret Dinas Peternakan Sinjai dalam memperingati World Rabies Day dan mendukung upaya global untuk memberantas rabies. (*)