oleh

Wujudkan Data Statistik Sektoral Berkualitas, BPS Sinjai Gelar FGD

KABARSINJAI.COM, Sinjai, –Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai, menggelar Focus Group Discussion (FGD) Pembinaan Statistik Sektoral. Kegiatan ini dibuka Kepala BPS Sinjai, Arif Miftahuddin di Aula Pertemuan Kantor Bappeda Sinjai, Kamis (13/10/2022).

FGD ini menyasar organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai untuk menyamakan persepsi dan membangun sinergi antara BPS selaku pembina data statistik, kemudian selaku walidata dari
Dinas Kominfo serta berbagai OPD selaku produsen data dalam rangka mewujudkan Satu Data Indonesia.

Kepala BPS Sinjai, Arif Miftahuddin menerangkan bahwa, mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan, terdapat tiga jenis statistik yaitu statistik khusus, statistik dasar dan statistik sektoral.

“Untuk data statistik dasar itu sudah dipaparkan dan diselenggarakan oleh BPS karena menyangkut kebijakan pemerintah yang akan dijadikan pijakan dalam mengambil keputusan untuk masyarakat umum,” ujarnya.

BACA JUGA:
Capai Angka 83 Persen, Dinkes Sinjai Genjot Program BIAN

Ikuti Pameran dan Seminar Implementasi, Bupati ASA Apresiasi 3 Mahakarya Inovasi Pimpinan OPD

Selain itu, Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia yang merupakan terobosan pemerintah untuk mengatur tata kelola data dalam rangka mendukung pembangunan holistik. Satu Data memiliki tiga prinsip utama yaitu, satu standar data, satu metadata baku, dan satu portal data.

“Olehnya itu bagaimana statistik sektoral ini menjadi penyajian data yang akurat. Dan pada intinya di FGD ini kita ingin menyamakan persepsi, satu tujuan bahwa data itu sangat penting. Tapi data bagaimana yang bisa disajikan di publik. Nah itu sama-sama harus kita diskusikan,” jelasnya.

FGD ini menghadirkan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai, Tamzil Binawan sebagai narasumber. Tamzil membawakan materi tentang peranan Dinas Kominfo sebagai walidata dalam mewujudkan satu data di tingkat daerah.

BACA JUGA:
Bupati ASA Tunjuk PLH Sekda Sinjai

Lihat Aksi Sosial Jajaran KPPN Sinjai Bantu Masyarakat yang Membutuhkan

Kemudian, Sekretaris Bappeda Sinjai, Muh. Abrar Awali menyampaikan materi pemanfaatan data dalam perencanaan pembangunan daerah. (Tim)

Komentar Facebook