oleh

Hati-hati! Marak Penipuan Catut Nama Kadis di Sinjai Melalui WhatsApp

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Aksi kejahatan berupa aksi penipuan melalui media sosial WhatsApp (WA) marak terjadi di Kabupaten Sinjai.

Selain menyasar pejabat kepala dinas lama, aksi penipuan dengan modus mencatut nama kadis baru yang baru saja dilantik mulai marak akhir-akhir ini.

Sebut saja korbannya adalah Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai, Kamaruddin.

Foto dan nama Kadis TPHP Sinjai ini tertera pada akun WA tersebut guna meyakinkan korbannya, hanya saja nomor yang berbeda atau menggunakan nomor lain.

BACA JUGA: Pemkab Sinjai Siapkan Rp22 Miliar, THR ASN Segera Cair

Tak tanggung-tanggung, akun yang mencatut nama Kamaruddin ini meminta uang senilai Rp25 Juta kepada calon korbannya.

Hal ini baru diketahui Kamaruddin, usai mendapat informasi dari orang lain saat menghadiri acara Buka Puasa di Markas Kodim 1424 Sinjai pada Kamis 22 April 2021 kemarin.

“Saya menerima pesan WA dari Pak Saktiawan yang menyampaikan bahwa nomor WA saya diretas dan dalam pembicaraan akun palsu tersebut meminta sejumlah uang sebanyak 25 juta rupiah. Setelah saya cek, nomor yang dia gunakan bukan nomor saya, tetapi foto profilnya menggunakan foto saya sehingga ini jelas akun palsu”, kata Kamaruddin, saat ditemui di Ruang Kerjanya, Jumat (23/4/2021)

Usai menerima informasi tersebut, pihaknya langsung mengimbau kepada rekan-rekannya, kerabat serta kelompok tani yang ada di Sinjai agar waspada dengan hal tersebut dan tidak meladeni permintaan oknum tersebut sebelum melakukan konfirmasi langsung kepadanya.

“Jadi begitu saya mendapat informasi ini, saya langsung mengirim pesan keseluruh grup WA termasuk ke grup Kelompok tani dan grup OPD untuk tidak meladeni jika ada oknum yang mengatasnamakan dirinya dengan dalih meminta sesuatu, ” tuturnya.

Hal yang serupa juga menimpa Kadis Sosial Sinjai A. Muh. Idnan yang mengaku ada akun palsu yang mengatasnamakan dirinya menghubungi pihak Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setdakab Sinjai untuk meminta nomor rekanan/penyedia yang terlibat dalam proses pengadaan barang/jasa di Dinas Sosial.

BACA JUGA: Bupati ASA Bantu Penyelesaian Renovasi Masjid di Pulau Sembilan

“Iye ndi, kemarin ada juga yang pakai nama dan foto profilku. Itu Akun palsu dinda,” katanya saat dikonfirmasi melalui pesan WA.

Sementara itu dalam akun facebook Bagian PBJ Setdakab Sinjai mengharapkan kepada para penggiat pengadaan barang/jasa khususnya kepada para penyedia agar sekiranya waspada dan berhati-hati apabila menghadapi kejadian yang sama.

Pejabat lainnya yang juga pernah dicatut namanya dengan modus yang sama adalah Kepala Badan perencanaan dan pembangunan daerah (Bappeda) Sinjai, Irwan Suaib serta Sekretaris Dinkes Sinjai, drg Farina Irfani. (Tim)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU