oleh

Jadikan Produk Bernilai Tinggi, Calon Wirausaha Baru Dilatih Cara Mengolah Rumput Laut

KABARSINJAI.COM, Sinjai, – Rumput laut merupakan salah satu potensi besar yang dimiliki Bumi Panrita Kitta sebutan daerah Kabupaten Sinjai selain potensi ikannya.

Dengan potensi besar ini, Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Perdagangan Perindustrian (Perindag) dan ESDM Kabupaten Sinjai, mencoba memanfaatkan potensi itu agar bernilai tinggi.

Caranya dengan melakukan pelatihan kepada calon wirausaha baru yang dikerjasamakan dengan Balai Diklat Industri (BDI) Makassar.

Pelatihan angkatan V atau gelombang kedua ini berlangsung hingga 25 Agustus 2020 mendatang, dan dipusatkan di Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) pengolahan hasil perikanan Lappa.

BACA JUGA: Petugas Medis di Sinjai yang Terpapar Corona Berangsur Pulih

Kepala Disperindag dan ESDM Sinjai, Ir Ramlan Hamid, mengatakan, para calon wirausaha baru bakal dilatih dalam pengolahan rumput laut agar rumput laut yang merupakan salah satu potensi Sinjai lebih bernilai dari pada langsung dijual ke pembeli dalam bentuk baku.

Apalagi seperti diketahui selama ini harga rumput laut dalam bentuk baku, kata Ramlan harganya berfluktuasi atau naik turun.

“Karena sumbernya satu dan dijual ya dalam bentuk bahan baku saja, makanya kita coba olah menjadi produk sehingga tidak semua rumput laut petani dijual secara langsung, supaya ada nilai tambah untuk petani dan masyarakat”, kata Ramlan usai membuka pelatihan tersebut.

Selain dilatih, Ramlan membeberkan bahwa kompetensi peserta pelatihan bakal diuji sehingga mendapat pengakuan langsung dari BDI Makassar berupa sertifikasi.

“Nantinya Sertifikasi tersebut akan berguna dalam proses pengajuan usaha maupun pencarian kerja”, tambahnya.

BACA JUGA: Pol PP dan Damkar Sinjai Prioritaskan Jaringan Internetnya untuk Pelajar

Dikatakan peserta yang ikut dalam pelatihan ini adalah calon wirausaha millenial yang berusia 17-35 tahun atau yang masih produktif. Mereka berasal dari beberapa Kecamatan seperti Sinjai Utara, Sinjai Timur, Sinjai Selatan, Bulupoddo dan Pulau Sembilan. Jumlahnya 55 orang.

Pelatihan ini lanjut Ramlan, juga merupakan perwujudan visi misi Pemkab Sinjai dibawah kepemimpinan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dan Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini, dalam membuka lapangan kerja baru dan penciptaan wirausaha baru.

“Kalau misalnya ada peserta yang kita Bina ini mengembangkan usahanya sendiri secara mandiri Pemkab akan memfasilitasi sesuai target visi misi Pak Bupati”, jelasnya. (Slm)

Editor / Andis

Komentar Facebook

BERITA TERBARU